Sering Menjadi Rujukan Pernikahan Dini, Benarkah Rasulullah Menikahi Aisyah pada Usia 9 Tahun? Cek Faktanya!

Sering Menjadi Rujukan Pernikahan Dini, Benarkah Rasulullah Menikahi Aisyah pada Usia 9 Tahun? Cek Faktanya!

Benarkah Rasulullah Menikahi Aisyah pada Usia 9 tahun?-(Foto/Freepik)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Aisyah binti Abu Bakar adalah salah satu istri Nabi Muhammad saw. yang dikenal karena kecerdasannya. Berbeda dengan istri pertama Rasulullah, Khadijah binti Khuwailid, yang dinikahi dalam usia dewasa, Aisyah menikah dengan Nabi atas perintah Allah Swt. ketika usianya masih muda.

Pernikahan Aisyah yang terjadi saat ia masih belia memicu spekulasi mengenai usianya pada saat menikah dengan Nabi.

 

Salah satu spekulasi menyatakan bahwa Rasulullah menikahi Aisyah pada usia 9 tahun. Namun, apakah benar demikian? Berikut penjelasannya.

 

Pernikahan atas Perintah Allah Swt.

 

Sebelum membahas lebih jauh tentang usia Aisyah saat menikah, perlu diketahui bahwa pernikahan tersebut adalah atas perintah Allah yang disampaikan melalui mimpi Nabi Muhammad saw. yang terjadi berulang kali.

 

Tujuan dari pernikahan ini adalah untuk kebaikan umat, mengingat Aisyah dikenal memiliki daya ingat yang kuat dan kemudian banyak meriwayatkan hadis serta memberikan kontribusi intelektual pada zamannya.

 

Dalam satu hadis riwayat Imam Muslim dan Imam Tirmidzi dijelaskan yang artinya, "Dari Sayyidah 'Aisyah radliyallâhu 'anha berkata, 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menikahiku di bulan Syawal, dan mulai mencampuriku juga di bulan Syawal, maka istri beliau manakah yang kiranya lebih mendapat perhatian besar di sisinya daripada aku?' Salah seorang perawi berkata, 'Dan Aisyah merasa senang jika para wanita menikah di bulan Syawal." (HR. Muslim dan at-Tirmidzi).

 

Apakah Benar Aisyah Menikah pada Usia 9 Tahun?

 

Pernikahan antara Nabi dan Aisyah berlangsung pada bulan Syawal tahun ke-10 kenabian di Makkah, sekitar tiga tahun setelah wafatnya Khadijah. Mahar pernikahan tersebut adalah 12 uqiyyah atau 400 dirham. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa Aisyah dinikahi pada usia 6 tahun dan tinggal serumah dengan Nabi pada usia 9 tahun, sementara yang lain menyebutkan usianya 9 tahun saat menikah dan 12 tahun saat tinggal bersama Nabi.

 

Namun, terdapat keraguan terhadap keabsahan riwayat tersebut. Hadis yang menyebut usia Aisyah saat menikah adalah riwayat dari Hisyam ibn Urwah. Menurut Ya'qub bin Syaibah, Hisyam memang dianggap dapat dipercaya, tetapi hadis yang diriwayatkannya setelah tinggal di Irak dinilai kurang akurat karena faktor usia lanjut.

BACA JUGA:Jenis Medical Check Up Sebelum Menikah, Calon Pengantin Harus Tahu!

 

Ketidaksesuaian dengan Fakta Sejarah

 

Melansir Narasi.tv, ada fakta sejarah yang menunjukkan bahwa spekulasi Aisyah menikah pada usia 9 tahun bertentangan dengan informasi lain, seperti rentang usia kakaknya, Asma' binti Abu Bakar.

Menurut catatan Ibnu Katsir dalam "al-Bidayah wa al-Nihayah," Asma’ wafat pada usia 100 tahun pada tahun 73 H, dan dia lebih tua 10 tahun dari Aisyah. Al-Hafizh Abu Na'im juga menyebutkan bahwa Asma' lahir 27 tahun sebelum hijrah Nabi ke Madinah, sehingga saat hijrah, usia Aisyah diperkirakan 17 tahun.

 

Dengan demikian, berdasarkan penanggalan tersebut, ketika Nabi menikahi Aisyah pada tahun pertama Hijriyah, usianya kemungkinan antara 17 atau 18 tahun.

BACA JUGA:Ramai Dibahas, Inilah 5 Faktor Penyebab Pernikahan Dini

 

Pernikahan Rasulullah dan Aisyah yang dipahami Ketika Aisyah berusia 6 tahun dan digauli pada usaia 9 tahun seringkali menjadi rujukan pernikahan anak atau pernikahan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: